pesta ulang tahun bawah air

                Langit masih gelap, meski waktu telah menunjukan pukul 05.30. sisa air hujan malam itu masih menetes dari pendahuluan. Beberapa orang di pesisir pulau cangke, kebupaten pangkep. Terlihat sibuk mempersiapkan perlengkapan selam. Mereka memeriksa tabung selam yang berjejer disamping tenda. Selain tabung selam, perlengkapan lainya diperiksa satu persatu.

                setelah semuanya sifdc unhasap, ketujuh penyelam yang telah mengenakan pakaian selam menggotong tabung ke bibir pantai. Saat matahari terbit, ketujuh penyelam bergerak kedalam air tanpa menggunakan perahu. Merka berenag berenang kecil saat air laut melewati kawasan yang tak dangkal. Diantara ketujuh penyelam itu, 2 orang merupakan perwakilan dari sar dan jurusan arkeologi Universitas Hasanuddin Makassar.

Pada jarak 30 meter dari pinggir pantai, mereka mulai menyelam pada kedalaman 10 meter dari permukaan laut, mereka mempersiapkan sesi pemotongan kue sebagai bentuk peringatan tahun ke 13 hari terbentuknya Fisheries Diving Club Fakultas Ilmu Kelautan Dan Perikanan Universitas Hasanuddin, FDC di bentuk pada 14 juli 1997, yang diprakarsai oleh Afandy Muhammad, mahasiswa jurusan perikanan universitas hasanuddin, tapi secara resmi FDC universitas hasanuddin didirikan pada 28 februari 1998.

Jangan membayangkan kue itu akan lumer di dalam air laut. Sebab, kue ulang tahun tersebut terbuat dari lilin mainan. Bentuknya mirip dengan kue ulang tahun berukuran 30 x 20 sentimeter. Permukaan kue di cat dengan warna merah-putih-biru menyerupai logo klub penyelam tersebut.

Al furkan, ketua FDC Universitas Hasanuddin periode 2010-2011, mewakili anggotanya, didaulat memotong kue tiruan itu. Acara kemudian dilanjutkan dengan doa bersama oleh ketujuh penyelam itu. Susana makin khidmat dengan suasan laut yang tenang dan pemandangan dasar laut yang di tumbuhi oleh terumbu karang dan beberapa jenis ikan berwarna warni.

Setelah sesi pemotongan kue, mereka berkeliling di dekitar lokasi perayaan melihat keindahan bawah laut sambil mengabadikan beberapa momen bersama terumbu karang dan ikan. Lima belas menit kemudian, mereka kembali kedaratan melanjutkan acra bersih pantai di pulau cangke.

furkan mengatakan ia mendapatkan ide perayaan ulang tahun di dalam air itu setelah melihat perayaan 17 agustus di bawah laut tahun lalu di sejumlah tempat. Pada umur yang ke 12, FDC juga merayakan ulang tahun di bawah laut sambil membersihkan laut demi menjaga kelestarian laut kota parpare. “tahun ini kami ingin memberikan hal yang berbeda pada hari jadi FDC,” kata al furkan, mahasiswa angkatan 2007.

Wahyudin, anggota FDC, mengatakan alasan mereka memilih pulau cangke karena terkenal memiliki terumbu karang yang indah.”jadi bukan hanya sekedar ulang tahun, wisata lautpun bias dilakukan,”kata dia.

Selain kegiatan rutin, FDC kerap mengikuti beberapa kegiatan selam, baik local maupun tingkat nasional, seperti sail bunaken 2009 di manado dan jambore selam forum penyelam mahasiswa Indonesia 2010.

Selain itu, beberapa kegiatan kampus sering mengikutsertakan FDC dalam lingkup keahlianya, seperti survey lokasi praktek lapang mahasiswa perikanan, bantuan alat, serta bantuan anggota FDC dalam berbagai kegiatan penelitian dan eksplorasi kelautan. “selain menyalurkan minat dan bakat mahasiswa perikanan universitas hasanuddin, dalam bidang penyelaman, dapat membantu pengembangan ilmu dalam bidang perikanan, “kata wahyudin.

Sumber : Koran tempo, Senin 14 maret 2011

Penyunting : irfan alwi (kordinator HUMAS FDC UNHAS)

Advertisements

2 responses to “pesta ulang tahun bawah air

  1. salam
    hebat…selamat sdh melanjutkan apa yang dulu jamanx saya hanya bisa dalam angan2…salut lanjutkan karya dan inovasi baru tuk kemajuan club..
    waspada dira anuraga…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s